Rabu, 02 Januari 2013

5cm!

halooo sebenarnya gue tahu semua orang udah pada nonton film ini, tapi gue mau review aja soalnya gue sangat menikmat film ini !
gue nonton film ini sebenarnya sudah agak lama yaitu tahun lalu, tanggal 28 desember 2012.. bareng safira putri s. udah nggak penting aja sekarang gue mau review filmnya


film ini adaptasi dari novelnya donny dhirgantoro dengan judul yang sama.sebenernya dulu gue pernah ingin membeli novel tersebut tapi nggak jadi dan nyesal. haha

berkisah tentang 5 sahabat yang sudah bersahabat 10 tahun lebih, mereka sering banget ngumpul dan gitu-gitu. ada genta, riani, zafran, ian, dan arial. si genta ini seorang yang pinter, berjiwa pemimpin dan mampu membuat orang lain nyaman di sekitarnya (bang genta keren banget) (diperankan oleh aktor fedi nuril). lalu riani,  gadis cerdas, cerewet, dan cantik bangeet, terus dia juga suka minta kuah indomie-nya ian. (diperankan oleh Puteri Indonesia Favorit Raline Shah, dia cantik banget..). terus ada juga ian, yang paling gembul diantara semuanya, maniak indomie, fans happy salma, suka mu, telat wisuda, suka beli DVD yang.. gitu (diperankan oleh Igor Saykoji). habis itu Arial tipikal  cowok 'nge gym' yang brotot gitu kayak aderai, tapi dia kalo udah sama cewek gugupnya minta ampun haha, terus suka kecap(diperankan oleh atlet basket, Denny Sumargo). yang terakhir BANG ZAFRAAAN (a.k.a* juple) dia  itu.. suka bikin puisi, sedikit "gila", apa adanya, vokalis band, idealis, agak narsis, bakat terkenal, dan ganteng. (karena diperankan Herjunot Ali).


kamarnya zafran

merupakan naarasi yang dibacakan tokoh zafran. plot adegan pertama yaitu mereka di warung bubur. dan tokoh zafran mengenalkan geng-nya itu. lalu berlanjut  di mobil, mereka diskusi rencana jalan-jalan berikutnya kemana,akhirnya mereka menuju rumah arial (seperti biasanya). disini lah kita kenal Arinda (a.k.a* Dinda) (Pevita Pearce), adik perempuannya Arial, seorang mahasiswi dan orangnya datar banget. zafrannya naksir Dinda. dan ada kejadian kocak banget di adegan ini. setelah itu mereka ngumpul di halaman belakang rumah arial. sampai mereka memutuskan untuk tidak berkomunikasi satu sama lain selama 3 bulan kedepan. dan genta menjanjikan kalau tempat kumpul mereka berikutnya bakal jadi tidak terlupakan seumur hidup.

selama 3 bulan mereka menjalani urusannya masing-masing. Genta mengerjakan proyek kantornya, riani juga, ian ngerjain skripsi, arial kenalan sama cewek, zafran pdkt sama dinda. 

akhirnya 3 bulan berlalu juga, mereka pun kumpuldi stasiun kereta dan akan berangkat ke Malang. kebetulan arial ngajak dinda dan.. scene yang sangat gue suka dimana zafran memberikan sebuah quote....................................................


"Cinta.. cinta memang datang saat cinta membutuhkan cinta.. terimakasih semesta.."
 -Zafran           


Lanjut.. lalu pas di kereta ada scene dinda sama zafran yang lucu, pas itu zafran memperlihatkan dinda pemandangan.. 


akhirnya sampaai di malang! lalu dari stasiun mereka melanjutkan perjalanan ke gunung semeru. lalu sampai di gunug semeru dan kendaraan mereka berhenti. gentapun bilang kalau tujuan mereka adalah, puncak mahameru. 
"Dan… sehabis itu yang kamu perlu cuma kaki yang akan berjalan lebih jauh dari biasanya, tangan yang akan berbuat lebih banyak dari biasanya, mata yang akan menatap lebih lama dari biasanya, leher yang akan lebih sering melihat ke atas, lapisan tekad yang seribu kali lebih keras dari baja,dan hati yang akan bekerja lebih keras dari biasanya,serta mulut yang akan selalu berdoa.."



merekapun mulai mendaki, sampe 3 hari kemudian sudah dekat puncak. mereka bangun jam 2 pagi dan kali ini "benar-benar mendaki". di saat ini banyak cobaan.. mulai dari Arial yang kedinginan,  batu dari atas menyebabkan telinga dinda terluka, dan ian pingsan. di scene ian pingsan  bang genta hebat sekali karena memberikan pertolongan sampai nafas buatan..  gue nangis di scene itu karena gue kira ian-nya beneran mati.eh taunya pas denger teriakannya juple langsung idup lagi haha. setelah perjuangan itu semua.. mereka sampai di puncak mahameru! mereka berdiri di sebuah puncak yang ada di ketinggian dan berada di atas awan! mereka pun menancapkan bendera Indonesia, memberi hormat padanya dan matahari terbit 17 Agustus. Indonesia is great!

"Taruh mimpi-mimpi kamu, cita-cita kamu, keyakinan kamu,apa yg kamu mau kejar…Kamu taruh di sini… jangan menempel di kening.Biarkan…dia…menggantung…mengambang…5 centimeter…di depan kening kamu…Jadi dia nggak akan pernah lepas dari mata kamu.Dan kamu bawa mimpi dan keyakinan kamu itu setiap hari,kamu lihat setiap hari, dan percaya bahwa kamu bisa.Apa pun hambatannya, bilang sama diri kamu sendiri,kalo kamu percaya sama keinginan itu dan kamu NGGAK BISA menyerah.Bahwa kamu akan berdiri lagi setiap kamu jatuh,bahwa kamu akan mengejarnya sampai dapat, apa pun itu,segala keinginan, mimpi, cita-cita, keyakinan diri…Biarkan keyakinan kamu, 5 centimeter menggantung mengambang di depan kening kamu."
- 5 cm

dalam perjalanan turun, suatu malam genta menyatakan perasaannya pada Riani, namun ternyata?!
patah hati,patah hati deh bang genta.
merekapun menemukan cintanya masing-masing

lalu scene berikutnya itu udah gatau berapa tahun kemudian.. mereka kumpul di halaman belakangnya Arial, kayak dulu. bedanya, sekarang udah lebih banyak orangnya. Riani udah nikah sama Zafran, Arial sama Indy (cewek yang kenalan di Gym), Genta masih sendiri.., dan ajaibnya Ian sama Happy Salma! HAHA. terus akhirnya bang genta yang lagi jadi suka sama Dinda. lalu scene terakhir foto mereka di zoom:) end.

gue suka sekali karena ini bisa dinikmati dari awal sampai akhir. banyak quote dan hikmahnya! tentang mimpi, cinta akan sahabat, keinginan, dan kecintaan pada tanah air tercinta kita! terus kocak di dukung tokoh-tokohnya yang kocakjuga. terutama profesornya ian karena yang main itu adalah mas Anu (pianist hitam putih). sukses terus pak donny dhirgantoro!:) dan juga ram soraya pictures yg udah mendukung film ini jadi keren banget, sangat menikmatifilm ini. thumbs up buat 5 cm!

Jake - Adventure Time