Selasa, 25 Desember 2012

goodbye

hai hari ini gue berenang di kolam renang di daerah BSD dan makan di pasar modern BSD terus pulang.      #penting

habis itu gue langsung keingat hamster gue, yang namanya Bard. gue membeli dia dua tahun lebih yang lalu. bulan Oktober 2010, waktu itu gue masih kelas 6. karena itu belinya di temannya adik gue, suatu hari, hari minggu.. gue dan saudara-saudara sedang bermain di taman. tiba-tiba kami di panggil "HEI ALIL!ini ada faiz!" ternyata faiz dan bapaknya mengantarkan 'delivery' hamster.  jadi ada dua hamster dalam kardus aqua, dua-duanya kayak takut gitu. waktu itu mereka berdua bener-bener persis. nggak bisa dibedain. habis itu kita kan kaget "wah hamsternya sudah sampai!" akhirnya kita beli kandang hamster. warnanya kuning sama putih terus ada kincirannya warna ijo, juga ada rumah-rumahan hamster warna hijau, atapnya kuning. sore itu gue dan sepupu memikirkan namanya.. "hei ini namanya siapa ya" kata adik sepupu. "sandy? maria??" "aduh jangan dong, yang kerenan dikit." kata gue" kita udah dari jam 3 sampai jam 4 mikirin nama hamster.. terus adek gue mau main di luar gue langsung teriak. "hei ahlil mau dinamakan apa hamsternya!!" "hmm apayaa?? bard aja deh!"

akhirnya kami menamakan si hamster laki ini 'bard'

tapi gue dan adik sepupu masih memikirkan nama hamster terduga cewek.(padahal ini hamster cowok). lama.. adik sepupu  gue ngasih nama nggak ada yang bener. akhirnya dia kesel, "bloom ajadeh?!" "oh yaudah! eh tp inikan cewek,  ku tambahin 'y' ya biar agak centil, namanya."

akhirnya yang satu lagi namanya bloomy

bloomy dan bard ini kira-kira  umurnya 3 bulan, sudah bisa dikawinkan. karena waktu itu kita kira si bloomy cewek, dan dia menggendut jadi kita kira dia hamil. kita pisahkan selama sebulan. dan ternyata dia cowok HAHA  aduh begonya. begitu kita satuin lagi, mereka nggak mau akur. si bloomy ini berubah jadi sangar.. sementara bard tetep kalem.
karena gue merasa gue mirip bard, kalem dan cool.. gue jadi lebih sayang bard. lebih sering dimainin. sebenernya gue juga sayang bloom, tapi karena takut di gigit jadi gue harus pakai sarung tangan setiap megang ini anak.
karena itu kita pisah aja, kita beli kandang satu lagi.

gue cerita tentang bard aja dulu ya

gue nggak ngerti lagi kenapa dia ini baik banget, dia selalu nurut, bulunya alus, enak banget deh dipegang-pegang.  kalau foto sama dia pasti hasilnya bagus, karena dia kalem kalau di foto.
pokoknya gue sayang banget sama dia..
kalau gue sedih gue ngelus-ngelus dia, ngeliat hamster gue main kincir, dan mandi pasir. setelah itu gue pasti semangat lagi.
gue membelikan dia istri tapi calon istrinya galak jadi nggak jadi dinikahin.
bard suka kabur, walaupun kalem. dia pernah, waktu itu gue sedang uhbt/ulum lupa. pulang sekolah, mbak gue bilang bard ilang. dia udah nyari, belakang tv, di gudang, dll.. gaketemu. gue stress, nggakbisa konsen belajar. gue takut dia dimakan kucing atau gimana. akhirnya gue tidur aja. terus pagi-pagi nyokap gue bilang kalo dia udah balik!! yeayy haha..  tapi gue jadi nggak belajar kemarennya-_-. terus waktu itu juga gue menaruh kandangnya diatas laci. tapi dia nekat loncat dan hilang..tapi ketemu lagi
sejak beberapa hari yang lalu, bard semakin kurus, matanya bengkak sebelah, makan aja sulit, badannya lemas, jalannya udah nggak seimbang, kakinya pincang, nafasnya sudah lemah.. sampai akhirnya tadi malam, gue sudah menduga kalau itu terakhir kalinya gue bisa main dengan dia..
gue sangat bersyukur, setiap dia hilang bisa ketemu lagi. tapi sekarang? gue nggakbisa lagi ngelihat dia, ngelus-ngelus dia, ngasih dia makan, dan minum..
tadi pas pulang gue mendapati dia udah gak bernafas, pas diangkat ternyata memang dia badannya sudah kaku, gue cuman bisa natep, gue gabisa nangis. dan gue meluk dia, gue kubur abis itu. tapi sejujurnya, gue lega. dia nggak kesakitan lagi..
waktu itu gue kehilangan anak kucing yg baru gue pelihara dua minggu, tapi rasa sedihnya beda sama sekarang pas bard udah nggak ada..

gue akan selalu kangen dia, gue sayang  dia. walaupun dia cuma seekor hamster, makhluk kecil berbulu abu-abu. gue akan selalu berharap dan bertanya apakah dia bisa bereinkarnasi, sehingga gue bisa ketemu lagi sama dia dalam wujud lain?

Jake - Adventure Time